Seniman Menilai Crop Circle Di Sleman Mungkin Buatan

Author - January 25, 2011

Seniman Menilai Crop Circle Di Sleman Mungkin Buatan – Pola misterius yang mengguncang Sleman,DI Yogyakarta terus dipertanyakan.Sampai saat ini belum diketahui apa benar pola tersebut dibentuk oleh sebuah UFO atau hanya sebuah karya manusia.Namun seorang seniman DI Yogyakarta menilai pola tersebut berkemungkinan dibuat oleh sentuhan tangan manusia.

Samual Indratman seorang seniman perupa melihat pola crop circle yang ada di Sleman sangat mungkin dibuat manusia.”Istilahnya land art, seni yang menggunakan material alami dari lingkungan,” kata dia seperti dikutip dari vivanews.

Untuk seniman, tambah dia, itu mudah dilakukan, tak perlu menggunakan teknologi canggih. Cukup dengan alat-alat sederhana. Samuel sendiri menyangsikan crop circle itu dibuat oleh UFO, tapi juga tak bisa memastikan.

Bagaimana dengan kemunculannya yang mendadak? “Itulah fungsinya seniman, harus punya kejutan, tahu-tahu ada, mendadak, untuk surprise,” tambah dia.

“Seperti seni mural, mendadak ada gambar-gambar, kapan mengerjakannya?,” kata Samuel. “Pertanyaannya, apa motifnya? Targetnya apa?.”

Sebelumnya, sejumlah seniman Yogyakarta membantah telah membuat lingkaran menyerupai jejak pesawat ruang angkasa UFO di persawahan Dusun Krasakan, Desa Jogotirto, Kecamatan Berbah, Sleman, Yogyakarta.

Salah seorang seniman, Ong Hari Wahyu, mengakui jika dilihat dari bentuknya, pola simetris atau crop circle ini mirip hasil karya seni. Namun demikian, sangat jarang ada seniman bisa membuat karya seni seperti itu. “Kami tidak membuatnya,” ujarnya di Yogyakarta, Senin 24 Januari 2011.

Comments are closed.