Senjata Ampuh Untuk Blokir Wikileaks

Author - December 4, 2010

Senjata Ampuh Untuk Blokir WikileaksBerita Terbaru, Meski langkah untuk menutup situs wikileaks sudah dlaksanakan dengan cara memblokirnya, namun cara itu belum efektif untuk mematikan Wikileaks. Meski ia dikeluarkan oleh servernya Amazon, namun pengelola Wikileaks mempunyai otak yang cukup cerdas untuk memindahkan situs mereka ke server lain. Lalu langkah apalagi untuk memberhentikan Wikileaks yang telah membocorkan dokumen-dokumen penting milik Amerika Serikat?

Langkah ampuh tersebut kini sedang dipersiapkan oleh Kepala Humas Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) dengan ID SIRTII (Indonesia Security Incident Response Team on Internet). Menurut Gatot S. Dewa Broto selaku Kemenkominfo menjelaskan situs wikileaks mungkin dapat diblokir berdasarka undang-undang republic Indonesia Nomor 36 Tahun 1999 tentang Telekomunikasi. Namun, gatot menambahkan jika pihaknya tidak akan berandai-andai jika belum ada langkah yang pasti.

Wikileaks dapat diblokir karena telah melanggar ketentuan yang tertera pada undang-undang pasal 21 dimana penyelenggara telekomunikasi dilarang melakukan kegiatan usaha penyelenggaraan telekomunikasi yang bertentangan dengan kepentingan umum, kesusilaan, keamanan dan keteriban umum.

Bagaimanakah reaksi dari Wikileaks? Apakah mereka masih mempunyai cara tesendiri yang ampuh juga untuk tetap menjalankan situs mereka untuk membocorkan dokumen penting milik Amerika Serikat?

Comments are closed.