Shevchenko Gemilang, Ukraina Menang

Author - June 12, 2012

Shevchenko Gemilang, Ukraina Menang, Andriy Shevchenko tampil gemilang dan membawa Ukraina menang 2-1 atas Swedia pada laga perdana Grup D Piala Eropa 2012 di Stadion NSC Olimpiyskiy, Ukraina, Senin atau Selasa (12/6/2012) dini hari WIB. Sempat tertinggal lebih dulu, Shevchenko kemudian memborong dua gol untuk memastikan kemenangan Ukraina 2-1.

Bermain di hadapan pendukungnya sendiri, Ukraina memulai laga dengan percaya diri yang tinggi. Pertandingan baru berjalan empat menit, Evgeni Konoplyanka sudah mengancam gawang Swedia. Sayang, bola tendangan kerasnya dari luar kotak penalti masih menyamping tipis ke sisi kanan gawang kiper Andreas Isaksson.

Pada pertengahan babak pertama, giliran penyerang senior Andriy Shevchenko yang memperoleh peluang emas. Mendapat umpan terobosan Evgeni Konoplyankan, ia mampu meloloskan diri dari jebakan off-side barisan belakang Swedia. Meski sudah tinggal berhadapan dengan kiper Isaksson, eksekusinya kurang sempurna karena bola masih melebar ke sisi kanan gawang.

Terus ditekan, Swedia tak tinggal diam. Meski tampak kesulitan menembus pertahanan Ukraina, sejumlah upaya dilakukan tim asuhan Erik Hamren tersebut. Pada menit ke-35, Zlatan Ibrahimovic hampir membuat pendukung tuan rumah terdiam jika kiper Andriy Pyatov tidak sigap menghadang bola tendangan keras pemain AC Milan itu dari luar kotak penalti.

Memasuki akhir babak pertama, tempo permainan meningkat. Tuan rumah beberapa kali mendapat peluang emas melalui Shevchenko dan Andriy Voronin. Pada menit-37, misalnya, Yarmolenko mencoba memanfaatkan bola hasil umpan Shevchenko di depan gawang. Ssayangnya, eksekusinya gagal.

Sementara, Swedia langsung membalas tiga menit setelahnya. Lagi-lagi, Ibrahimovic yang mampu membuat barisan pertahanan Ukraina ketar-ketir. Menerima umpan Markus Rosenberg, pemain bertubuh jangkung itu kemudian menyambutnya dengan sundulan keras. Akan tetapi, bola sundulannya itu hanya mengenai tiang gawang.

Di babak kedua, tempo permainan kedua kubu meningkat. Apalagi, ketika Ibrahimovic mampu membungkam pendukung tuan rumah setelah berhasil menaklukan kiper Pyatov pada menit ke-53. Menerima umpan tarik Kim Kallstrom dari sisi kanan, dengan mudah mantan pemain Ajax Amsterdam itu menyontek bola ke dalam gawang sekaligus mengubah kedudukan menjadi 1-0.

Namun, keunggulan itu tidak bertahan lama. Dua menit berselang, pendukung Ukraina bersorak setelah Shevchenko berhasil menyamakan kedudukan menjadi 1-1 pada menit ke-55. Melakukan penetrasi dari sisi kanan, Yarmolenko melepaskan umpan silang ke tengah kotak penalti. Umpan itu kemudian langsung disambar Shevchenko dengan sundulan keras dan memasukkan bola ke dalam gawang Swedia.

Gol itu seakan melecut semangat penggawa “Zhovto-Blakytni”. Benar saja, tujuh menit berselang, Shevchenko kembali menunjukan tajinya setelah mampu mencetak gol kedua, sekaligus mengubah skor menjadi 2-1 untuk keunggulan Ukraina. Pemain berusia 35 tahun tersebut mampu memaksimalkan umpan tendangan pojok dengan sundulan keras dan terarah yang tak mampu dihalau kiper Pyatov.

Tak ingin kalah, Swedia kemudian meningkatkan serangan hingga menit-menit akhir pertandingan. Meski beberapa kali mendapatkan peluang melalui Ibrahimovic dan Johan Elmander, skor 2-1 untuk keunggulan tuan rumah pun akhirnya tidak berubah hingga wasit meniup peluit panjang.

Menurut catatan UEFA, sepanjang pertandingan, Ukraina menguasai bola sebanyak 54 persen dan menciptakan lima peluang emas dari 13 usaha. Sementara, Swedia melepaskan enam tembakan akurat dari 12 kali percobaan.

Shevchenko Gemilang, Ukraina Menang

Comments are closed.