Siapakah Jurnalis ‘The Age’ Kontroversial itu?

Author - March 12, 2011

Siapakah Jurnalis ‘The Age’ Kontroversial itu?Berita Terbaru, Media Australia, Harian The Age sudah dua hari ini melansir berita-berita yang mengungkapkan penyalahgunaan kekuasaan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan menyebut Wakil Menteri Pertahanan Syafrie Syamsuddin sebagai penjahat perang.

Berita-berita tersebut berasal dari informasi rahasia kawat diplomatik Kedutaan Amerika Serikat di Jakarta yang dibocorkan oleh Wikileaks. Wartawan yang menulis artikel-artikel kontroversial itu bernama Philip Dorling. Siapakah Philip Dorling yang telah mengungkap rahasia pemerintah Indonesia ini?

Selain menulis untuk koran-koran milik grup Fairfax seperti The Age dan Sydney MorningHerald, Dorling merupakan penulis dan juga koresponden untuk The Canberra Times untuk urusan pertahanan nasional. Ia juga merupakan dosen tamu di Akademi Angkatan Pertahanan Australia.

Ia meraih gelar doktor di Universitas Flinders di Australia selatan, dan sempat bekerja di Departemen Luar Negeri dan Perdagangan Australia pada 1992. Awalnya ia merupakan seorang sejarawan, namun kemudian diminta bantuannya sebagai penasihat Laurie Brereton, juru bicara urusan luar negeri Partai Buruh Australia pada 1996.

Dorling terus membantu Brereton terutama untuk urusan kebijakan yang berkaitan dengan kebijakan Indonesia dan Timor Timur (Timor Leste, Red). Pada 16 September 2000, kediaman Dorling pernah digeledah polisi federal Australia, karena dituduh membocorkan informasi rahasia mengenai Timor Timur kepada media

Bagi sejumlah elite politik di Australia, nama Philip Dorling identik dengan sosok jurnalis investigatif yang kini lebih banyak menggunakan informasi dari Wikileaks. Dua tulisannya di koran The Agedan The Sydney Morning Heraldbukanlah artikelnya yang pertama berisi serangan kepada elite politik. Sebelumnya, ia juga pernah menulis tentang kiprah politik Perdana Menteri Australia Kevin Rudd, yang kemudian menjadi Menlu Australia.

Bukan hanya menyerang pemimpin pemerintah Australia dan Indonesia saja, Dorling juga pernah membuat Pemerintah Malaysia kebakaran jenggot. Ia pernah membuat headline yang dimuat di The Age untuk edisi akhir pekan, Minggu (12/12/2010). Dia menuding Pemerintah Malaysia berada di belakang tuduhan sodomi yang dilakukan tokoh oposisi Anwar Ibrahim

Comments are closed.