Singapura Jadi Salah Satu Negara Tujuan Para Koruptor

Author - June 11, 2011

Singapura Jadi Salah Satu Negara Tujuan Para Koruptor – Tidak sedikit para pelaku korupsi ditanah air dari tahun ke tahun yang melarikan diri keluar negeri, salah satunya negara tujuan mereka adalah Singapura. Hal ini diketahui setelah Indonesia Corruption Watch (ICW) merilis data tentang koruptor yang lari ke luar negeri. Dari 40 koruptor yang kabur selama 10 tahun terakhir, 20 diantaranya memilih ke Singapura.

“Ada kecenderungan koruptor menghindari proses hukum. Ada sekitar 45 orang terkait korupsi ke luar negeri, sebagian belum vonis. Ada 20 diantaranya ke Singapura, lainnya ke Hongkong dan lainnya, ini data ICW sepuluh tahun terakhir ini, BLBI menyumbang paling banyak,” ujar peneliti ICW, Emerson Yuntho dikutip dari detik Sabtu 11/6/2011.

Ini disampaikan Emerson dalam Polemik “Koruptor Ngeloyor, Negara Tekor” yang diselenggarakan Trijaya FM , di Warung Daun, Cikini, Jakarta Pusat.

Emorsen dalam pembicaraannya juga menjelaskan faktor-faktor yang membuat para koruptor banyak memilih singapura sebagai tempat pelarian. Salah satunya karena tidak adanya perjanjian ekstradisi.

“Walaupun perjanjian ekstradisi gagal tak pernah diratifikasi oleh parlemen dua negara. Orang yang hendak diekstradisi bisa menggugat paksa. Orang seperti Gayus Tambunan itu kan karena bujuk rayu,” tuturnya.

Comments are closed.