Situ Gintung Disulap Jadi Taman Rekreasi

Author - December 23, 2010

Situ Gintung Disulap Jadi Taman RekreasiBerita Terbaru, Situ Gintung, yang berada di kawasan Ciputat, Tangerang Selatan adalah sebuah bendungan yang dibuat oleh manusia. Pada tahun lalu, tanggul situ tersebut pernah jebol sebanyak 2 kali dan memakan korban jiwa. Untuk penyelesaian masalah tersebut, akhirnya Balai Besar Wilayah Sungai Ciliwung-Cisadane akan melakukan konservasi untuk rehabilitasi bendungan tersebut.

Selain melaksanakan rehabilitasi Situ Gintung, juga akan dibangun zona konservasi yang berhadapan langsung dengan bendungan setinggi 10 meter. Zona tersebut akan menghiasi sepanjang jalur air situ Gintung dan menyambung ke sungai pesanggrahan. Konservasi akan dilakukan dengan cara membuat hutan buatan dengan memberikan porsi pada hewan liar di kawasan yang dibuat dengan kontur berbukit-bukit itu.

Selain zona konservasi, bendungan tersebut juga akan dibuat zona rekreasi dan Situ Center. Untuk zona rekreasi akan dibuat berupa laha terbuka sebagai area berekreasi bagi keluarga yang juga nantinya akan dilengkapi dengan bangku taman, drinking fountain, joging track, dan berbagai sarana bermain. Sementara itu, untuk Situ Center dibuat sebagai pusat informasi mengenai keberadaan situ-situ di Indonesia.

Tidak lupa, untuk mengenang tragedi jebolnya bendungan Situ Gintung yang memakan banyak korban jiwa itu akan dibangun monumen Situ Gintung yang dilengkapi dengan prasasti yang dicantumi nama-nama korban yang tewas dalam tragedi tersebut. Lokasi monumen setinggi 5 meter tersebut dibangun berhadapan dengan bendungan yang jaraknya kurang lebih sekitar 100 meter. Lokasi tersebut dipilih karena merupakan sisi yang paling parah terkena musibah.

Pembangunan yang menghabiskan dana sebesar Rp 94,3 miliar ini diperkirakan akan selesai pada Mei 2011 dan dibuka pada bulan Juni 2011 bersamaan dengan difungsikannya bendungan situ gintung yang saat ini masih dalam proses akhir bangunan.

Comments are closed.