Sukacita Inggris, Nestapa Swedia

Author - June 16, 2012

Sukacita Inggris, Nestapa Swedia, Swedia akhirnya menjadi negara kedua setelah Irlandia yang tersingkir dari persaingan Piala Eropa 2012. Tim asuhan Erik Hamren itu harus mengakui keunggulan Inggris 2-3 pada pertandingan lanjutan Grup D di Kiev, Ukraina, Sabtu (16/6).

Inggris akhirnya memetik angka penuh setelah pada pertandingan pertamanya menahan imbang Perancis, 1-1. Bersama Perancis di Grup D, Inggris mengumpulkan empat poin. Adapun Ukraina di peringkat ketiga dengan tiga poin. Kekalahan dari Inggris itu merupakan kekalahan kedua Swedia, yang sebelumnya dilibas Ukraina 1-2.

Gol-gol Inggris dicetak Andy Carroll, Theo Walcott, dan Danny Welbeck. Gol-gol Swedia adalah gol bunuh diri bek Inggris, Glen Johnson, yang gagal menghalau tendangan Olof Mellberg, dan sundulan kepala Mellberg, bek senior Swedia.

Kedua tim, yang sama-sama menerapkan formasi 4-4-2, bermain sama-sama menyerang. Pelatih Inggris Roy Hodgson memasang Andy Carroll untuk memperkuat barisan penyerang bersama Danny Welbeck.
Sedangkan Hamren memasang Zlatan Ibrahimovic dan Johan Elmander di lini depan.

Pada babak pertama, Inggris bermain lebih dominan dengan menciptakan lebih banyak peluang mencetak gol ketimbang Swedia. Carroll membuktikan kemampuannya dan membayar kepercayaan Hodgson dengan memanfaatkan umpan lambung Steven Gerrard pada menit ke-23.

Meskipun sama-sama menerapkan formasi 4-4-2, lini belakang Swedia terlihat lebih rapuh ketimbang Inggris sehingga beberapa kali para pemain Inggris berhasil menerobosnya.

Lini belakang Inggris pun beberapa kali memang bisa ditembus Zlatan Ibrahimovic atau Johan Elmander. Akan tetapi, di kotak penalti, benteng berlapis Inggris dengan cepat menutup rapat peluang Swedia untuk mencetak gol sehingga para pemain Swedia pun kesulitan untuk bergerak di kotak penalti Inggris.

Penampilan duet penyerang Swedia, Elmander dan Ibrahimovic, sama-sama kurang memuaskan. Ibra bahkan beberapa kali seperti kelelahan, padahal baru bermain kurang dari 30 menit. Beberapa passing Ibra pun sangat lemah sehingga dengan mudah direbut oleh para pemain Inggris.

Baru pada babak kedua serangan-serangan Swedia lebih hidup dan berbahaya. Sementara barisan pertahanan Inggris justru mulai keteteran karena para pemain Inggris tampak lebih bersemangat untuk menambah gol.

Naiknya bek Olof Mellberg membantu serangan membuat barisan penyerang Swedia semakin tajam. Swedia mendapatkan gol balasannya pada menit ke-49, setelah tendangan bebas Ibra menjadi bola liar di depan kotak penalti Inggris yang lalu dimanfaatkan oleh Mellberg. Bola yang sempat tertahan Glen Johnson di mulut gawang Inggris berusaha ditendangnya kembali keluar garis gawang. Namun, upaya Johnson tersebut tidak membuahkan hasil.

Mellberg kemudian mencetak gol tambahan pada menit ke-59, memanfaatkan tendangan bebas Sebastian Larsson di daerah pertahanan Inggris. Mellberg berhasil menembus barisan bek Inggris dalam adu menyundul bola.

Dalam posisi tertinggal, Hodgson lalu memasukkan Theo Walcott yang langsung memberikan gairah besar pada serangan-serangan Inggris. Walcott, yang menggantikan James Milner pada menit ke-61, menebus kekalahan Inggris pada menit ke-64 dengan tendangan keras melengkungnya dari luar kotak penalti. Dia memanfaatkan bola muntah tendangan penjuru Inggris yang disundul bek Swedia ke luar kotak penalti. Tendangan melengkungnya menembus para pemain Swedia yang berusaha menahannya.

Dalam pertarungan yang semakin panas, Ibra bekerja lebih keras lagi untuk bisa menang dari Inggris. Akan tetapi, tendangan kerasnya dari luar kotak penalti beberapa kali bisa diblok kiper Inggris, Joe Hart, yang tampil baik pada pertandingan itu.

Danny Welbeck akhirnya bisa mencetak gol pertamanya di menit ke-78 sekaligus gol kemenangan Inggris atas Swedia. Dia memanfaatkan umpan di depan gawang dari terobosan yang dilakukan Theo Walcott. Gol Welbeck terbilang unik karena dilakukan dengan tumit, dengan posisi badan agak memutar.

Meskipun mampu mengungguli Swedia, stamina para pemain Inggris terlihat mengkhawatirkan pada babak kedua. Hal itu tidak terlepas dari kondisi fisik banyak pemain Inggris yang tak sepenuhnya fit.

Sukacita Inggris, Nestapa Swedia

Comments are closed.