Takut Hilangkan Barang Bukti Cirus Sinaga Di Tangkap

Author - April 16, 2011

Takut Hilangkan Barang Bukti Cirus Sinaga Di Tangkap – Mantan Jaksa peneliti kasus Gayus Tambunan,Cirus Sinaga akhirnya ditangkap oleh Mabes Polri.Pihak Mabes Polri menjelaskan penangkapan tersebut bertujuan agar lebih mudah memantau Cirus Sinaga karena ditakutkan mantan Jaksa tersebut menghilangkan bukti-bukti menyangkut kasusnya.

Pernyataan tersebut dijelaskan langsung oleh Kepala Bagian Penerangan Umum Divisi Humas Polri, Kombes Pol Boy Rafli Amar di Jakarta.Boy menuturkan penyidik khawatir Cirus akan menghilangkan barang bukti jika tidak ditangkap. Karena, Cirus masih menyimpan dokumen-dokumen yang bisa mengungkap kasusnya. “Nanti dokumen itu akan kami ambil bersama penyidik,” kata dia seperti diberitakan vivanews Sabtu 16/4/2011.

Namun Boy tidak mengatakan apakah penangkapan tersebut akan berubah menjadi penahanan pasalnya Cirus ditangkap 1×24 jam sampai penyidik selesai memeriksa mantan Jaksa tersebut.Pihak kepolisian berharap dokumen yang dimaksud bisa menjawab pertanyaan yang diajukan penyidik.

Seperti diketahui penyidik Mabes Polri menjadikan Cirus sebagai tersangka dalam kasus mafia hukum Gayus Tambunan dan pemalsuan rencana penuntutan (rentut). Cirus diduga menghilangkan pasal korupsi yang dijeratkan untuk Gayus Tambunan.

Mantan jaksa kasus Antasari Azhar itu dijerat dengan Pasal 21 dan 23 UU Nomor 20 Tahun 2001 tentang Tindak Pidana Korupsi.

semula penyidik Mabes Polri menjerat Gayus dengan pasal korupsi dan pencucian uang. Namun, saat itu Kejaksaan menyatakan perkara Gayus belum lengkap (P19), Cirus menyarankan penyidik untuk menambahkan pasal 372 KUHP tentang Penggelapan.

Dugaan keterlibatan Cirus dalam mafia hukum semakin kuat. Sebab, dalam surat dakwaan, Gayus hanya dijerat dengan pasal penggelapan yang disarankan Cirus. Sementara itu, pasal korupsi dan pencucian uang dihilangkan.

Comments are closed.