Tempat Persembunyian Osama Jadi Objek Wisata

Author - May 18, 2011

Tempat Persembunyian Osama Jadi Objek WisataBerita Terbaru, Sebelum diketahui sebagai tempat persembunyian tokoh teroris nomor wahid yang juga sebagai pemimpin jaringan terorisme Al-Qaeda, kota Abbottabad di Pakistan hanyalah sebuah wilayah terpencil yang sunyi. Wajar saja, bila sebelumnya kota tersebut mendapat julukan kota paling sunyi di barat laut Pakistan. Setelah diketahui sebagai tempat persembunyian Osama, rencananya kota tersebut akan dijadikan sebagai objek wisata. Wisata apa yang akan ditonjolkan di kota sunyi tersebut?

Di Abbottabad, pengunjung dapat langsung melihat rumah kediaman Osama Bin Laden yang diyakini sebagai tempat persembunyian dari incaran para pasukan khusus elit Amerika Serikat yang memburunya setelah diduga memiliki kaitan yang sangat erat dengan hancurnya gedung pencakar langit World Trade Center (WTC) pada tahun 2001 silam. Selain itu, pengunjung juga dapat menikmati suasana alam yang sangat indah di kesunyian kota. Terdapat pemandangan berupa perbukitan pinus yang sangat cocok bagi mereka yang ingin mendinginkan suasana hati, menghilangkan sejenak kejenuhan beraktivitas sehari-hari.

Di situs dinas pariwisata Pakistan, Abbottabad disebut sebagai popular summer resort. Dinas pariwisata yang mempromosikan kota itu, sama sekali tak tahu bahwa Osama telah tinggal di salah satu rumah yang sebenarnya sangat mentereng, selama lima tahun terakhir. Wisata ke Lembah Kaghan dan tempat yang layak dihuni, kemudian Masjid Ilyasi dengan mata airnya, view point Shimla dan resor di Bukit Thandiani merupakan tempat-tempat yang dipromosikan dinas pariwisata tersebut.

Pejabat menyatakan, insiden penyergapan Osama takkan mengurangi arus turis. Terutama karena aktivitas dan bisnis di kota tersebut tak terusik. Bahkan, ada yang menyatakan penyergapan Osama merupakan bonus. “Pariwisata takkan terganggu. Malah, akan lebih banyak orang datang kemari dan melihat tempat penyergapan itu,” ujar Kepala Dinas Pariwisata Azam Khan.

Comments are closed.