Tentang Wasit Spanyol vs Belanda

Author - July 10, 2010

Tentang Wasit Spanyol vs Belanda. Berita terbaru, Partai puncak Piala Dunia 2010 akan dipimpin wasit asal Inggris Howard Webb. Meski diklaim sebagai salah satu wasit terbaik di dunia, namun sosok berkepala plontos ini juga punya sederet catatan kontroversial saat memimpin laga.
Tentang Wasit Spanyol vs Belanda
Webb akan memimpin pertandingan antara Spanyol kontra Belanda di final Piala Dunia, Minggu 11 Juli 2010. Dan tak salah tentunya untuk kembali mencoba menyimak kontroversi demi kontroversi yang dilakukan pria kelahiran Yoskshire ini.

Berikut ini 5 dosa Howard Webb sepanjang karirnya sebagai wasit:

Februari 2007: Chelsea vs Arsenal, Piala Carling. Pada pertandingan itu, Webb mengusir pemain Chelsea John Obi Mikel dan dua pemain Arsenal Kolo Toure dan Emmanuel Adebayor. Webb dianggap lebih memihak Chelsea.

Juni 2008: Austria vs Polandia, Euro 2008

Di pertandingan penting internasional pertamanya, Webb memberikan hadiah penalti kepada Austria di menit-menit akhir pertandingan. Saat itu, pelatih Polandia Leo Beenhakker menilai Webb tak pantas memimpin pertandingan besar.

April 2009: Manchester United vs Tottenham Hotspur, Premier League

Saat itu Spurs unggul 2-0 di paruh pertama dan membuat MU saat itu terancam kehilangan gelar.Namun keputusan Webb memberikan penalti kepada MU saat kiper Spurs Heurelho Gomes dianggap melanggar Michael Carrick menjadi petaka. Padahal dari tayanan ulang, Gomes menyentuh bola bukan Carrick. Spurs sendiri harus kalah 5-2 di Old Trafford.

Juni 2009: Brasil vs Mesir, Piala Konfederasi

Saat itu kedudukan sama kuat 3-3 sebelum akhirnya Webb memberikan penalti kepada Brasil akibat handball Ahmed Al Muhamadi. Selain mengusir sang pemain, Webb juga memberikan penalti. Tentu jumlah pemain jadi tak seimbang.

Januari 2009: Birmingham vs Wolves, FA Cup

Ini menjadi performa terburuk Webb sepanjang karirnya sebagai pelatih profesional. Dan Webb juga mengakui dengan menyebut ‘ini penglihatan terendah saya sepanjang karir perwasitan’. Dua kekeliruan telah dilakukannya.

Pertama, ia tidak memberikan penalti saat bek Wolves Richard Stearman melanggar keras Marcus Bent. Kedua, di awal babak kedua Webb justru memblok umpan Radhi Jaidi yang akhirnya jatuh ke kaki Michael Kightly dan parahnya berbuah gol.

Comments are closed.