Terminal Bandara Kalimarau Siap Tampung Wisatawan ke Derawan

Author - July 16, 2012

Terminal Bandara Kalimarau Siap Tampung Wisatawan ke Derawan, Meningkatnya jumlah wisatawan ke Kabupaten Berau, membuat pemerintah Kalimantan Timur membangun terminal baru untuk Bandar Udara Kalimarau. Terminal bandar udara yang menghubungkan para wisatawan ke Derawan itu direncanakan mulai beroperasi tahun 2012 ini.

“Ini memang kita bangun karena kalau kita lihat dari tahun ke tahun peningkatan penumpang cukup tinggi,” ujar Bupati Berau, Makmur HAPK di Berau, Minggu (15/7/2012).

Makmur menjelaskan, perharinya terdapat 800 hingga 1000 orang yang beraktivitas di bandara itu. Sejumlah orang tersebut umumnya datang untuk berwisata ke Derawan dan dalam kegiatan bisnis.

Terminal yang mulai dibangun tahun 2010 itu tampak sudah siap secara fisik. Dari luar, terminal baru ini tampak seperti Bandara International Hasanuddin, Makassar, Sulawesi Selatan. Atapnya melengkung, dengan garis-garis besi putih yang menyangganya.

Terminal baru ini dibangun dengan dua garbarata. Terdapat satu garbarata yang belum rampung. Selesainya pembangunan fisik pun tinggal menunggu satu garbarata itu.

“Kalau garbaratanya selesai kita adakan soft opening dulu, setelah itu akan diresmikan. Harapan saya ya (diresmikan) Menteri Perhubungan atau Presiden,” ujarnya.

Bandar Udara Kalimarau juga dicanangkan menjadi Bandara Internasional, melihat banyaknya wisatawan asing yang mengunjungi pulau ini. Hal ini guna mendukung akses transportasi dari negara tetangga agar terdapat penerbangan langsung ke Berau.

Diharapkan hal tersebut akan meningkatkan wisatawan ke Berau. Pembangunan bandara internasional di Berau ini pun didukung oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Mari Elka Pangestu.

“Jika bandar udara Berau sudah menjadi bandara internasional, ini sangat membantu. Dicanangkan tahun ini semoga tahun depan sudah bisa beroperasi,” ujar Mari saat mengunjungi Berau, Minggu.

Sementara itu, Makmur menambahkan akan bekerja sama dengan negara tetangga seperti Malaysia dan Filipina. Pasalnya para turis asing banyak berasal dari sana.

Berau sendiri merupakan salah satu Kabupaten di Provinsi Kalimantan Timur. Kabupaten dengan Ibukota di Tanjung Redep ini memang menawarkan pesona yang menawan. Tujuan utama para wisatawan adalah untuk berwisata bahari di sini.

Kepulauan Derawan, menjadi kunjungan wajib para pencinta bahari untuk snorkeling maupun diving. Disekelilingnya terdapat Pulau Sangalaki sebagai lokasi konservasi penyu.

Ada juga pemandangan resort di tengah lautan cantik Pulau Maratua. Keunikan lain yang membuat kawasan ini menjadi istimewa adalah adanya Pulau Kakaban. Pulau Kakaban memiliki danau berair payau. Di sini para wisatawan dapat menikmati berenang bersama ubur-ubur tak bersengat.

 Terminal Bandara Kalimarau Siap Tampung Wisatawan ke Derawan

Comments are closed.