Ternyata Bulu Di Hidung Tidak Boleh Di Cabut

Author - April 11, 2011

Ternyata Bulu Di Hidung Tidak Boleh Di Cabut – Mungkin sebagian orang tidak tahu akan hal ini.Atau anda sendiri mungkin sudah terbiasa mencabuti bulu hidung anda dikarenakan mengganggu penampilan anda saat terlihat panjang.Nah sebaiknya kebiasaan tersebut anda tinggalkan demi menjaga kesehatan hidung anda.

Sama seperti bulu yang ada ditubuh anda,bulu di hidung yang dicabut akan segera digantikan oleh rambut baru yang tumbuh di kelenjar atau kantong rambut. Seperti halnya rambut-rambut di permukaan tubuh yang lain, rambut hidung juga punya risiko tumbuh ke dalam lapisan kulit.

Rambut yang tumbuh ke dalam tidak muncul ke permukaan kulit melainkan masuk ke dalam kulit dan disebut extrafollicular penetration. Akibatnya adalah radang di sekitar kelenjar atau kantong rambut, yang kadang-kadang bisa disertai infeksi bakteri.

Dikutip dari detikhealth,selain bengkak kemerahan, gejala yang sering menyertai ingrown nasal hair adalah rasa nyeri di rongga hidung di sekitar tempat tumbuhnya rambut. Sekilas, benjolan tersebut mirip jerawat namun bukan disebabkan oleh penyumbatan kelenjar minyak.

Umumnya ingrown nasal hair akan sembuh dengan sendirinya ketika ujung rambut sudah menemukan jalan untuk menembus keluar permukaan kulit. Namun prosesnya kadang makan waktu dan selama itu akan terasa sangat sakit, terutama jika hidungnya dipencet.

Untuk mempercepat kemunculan rambut hidung ke permukaan, sering-seringlah mengompres hidung dengan air panas agar peredaran darahnya lancar dan pori-pori kulit membuka. Jika memungkinkan, gosok perlahan dengan handuk bersih yang dimasukkan lewat lubang hidung.

Comments are closed.