Ternyata Ular Zaman Purba Punya Kaki

Author - February 11, 2011

Ternyata Ular Zaman Purba Punya Kaki – Sebuah penelitian baru menyebutkan fosil ular yang berusia 95 juta tahun yang lalu ternyata mempunyai tulang kaki kecil.Hal ini terungkap setelah peneliti menemukan sebuah fosil ular di Libanon.

Fosil yang ditemukan di Libanon tersebut berasal dari zaman di mana ular belum kehilangan tungkai belakang mereka.

Dari pemindaian, terlihat kaki yang tersembunyi di dalam batu itu bertekuk di bagian lutut. Akan tetapi, kaki itu tidak memiliki telapak dan tulang jari.

Hal ini sekarang menjadi perdebatan hangatdi kalangan paleontologist,pasalnya apakah nenek moyang ular berkaki itu merupakan kadal yang berenang di air atau kadal yang melata di darat.

Ular yang panjangnya 19 inci (sekitar 50 centimeter) ini merupakan Eupodophis descouensi, yang merupakan satu dari tiga fosil ular yang pernah ditemukan memiliki kaki. Untuk itu, peneliti akan menggunakan teknik yang disebut sebagai synchrotron-radiation computed laminography (SRCL). Serupa dengan pemindaian medis CT scan, SRCL menggunakan sinar X untuk menggambarkan struktur internal dari sebuah objek, namun dengan resolusi 1.000 kali lebih tinggi.

Alexandra Houssaye, peneliti dari Museum National d’Histoire Naturelle, Paris, Perancis menyebutkan anatomi tulang milik ular itu menunjukkan bahwa evolusi telah menghilangkan kaki milik ular bukan dengan mengubah cara tulang itu tumbuh.

Eksperimen tersebut, menurut Houssaye, merupakan eksperimen pertama yang menggunakan teknik SRCL di dunia paleontology, dan masih banyak yang perlu dianalisa.

Comments are closed.