Tingkatkan Pelayanan, PT KA Luncurkan Kereta Motif Batik

Author - May 20, 2011

Tingkatkan Pelayanan, PT KA Luncurkan Kereta Motif Batik – Hari ini Jumat, 20/5/2011 PT Kereta Api meluncurkan kereta bermotif batik di stasiun Gambir, Jakarta Pusat. Peluncuran ini bertujuan untuk meningkatkan pelayanan bagi para pengguna kereta api di tanah air.

“Kreasi kereta bermotif batik ini merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan pelayanan. Selain itu kereta api juga memiliki potensi untuk ikut serta mempromosikan pariwisata Indonesia 2011,” kata Direktur Utama PT KAI, Ignasius Jonan dikutip dari vivanews Jumat, 20/5/2011.

Ada dua kereta bermotif batik yang diluncurkan, yakni KA Argo Jati yang melayani rute Jakarta-Cirebon, dan KA Argo Lawu yang biasa melayani rute Jakarta-Solo.

Motif batik yang dicat di gerbong KA Argo Jati bermotif “Singa Barong”. Motif ini merupakan simbol persahabatan antar bangsa. Dipilihnya simbol Singa Barong, diharapkan kereta api menjadi sarana transportasi yang dapat melayani masyarakat dari semua kalangan dan dapat memberikan rasa nyaman, aman, menyenangkan, berkesan dan ramah lingkungan.

Sedangkan, untuk KA Argo Lawu motif yang dipilih adalah “Langlang Jagad” yang merupakan simbol gabungan tiga kekuatan hewan sakti yaitu Garuda, Sancaka dan Taksaka, serta Sembrani dan Turangga. Simbol itu masing-masing memiliki makna antara lain, Garuda merupakan hewan yang dapat terbang cepat dan berpenglihatan tajam, Sembrani dan Turangga merupakan kuda bersayap sebagai kendaraan para raja yang dapat melaju cepat dalam berbagai cuaca. Sedangkan Sancaka dan Taksaka merupakan ular naga sakti yang selalu melindungi penunggangnya dari segala mara bahaya.

Peluncuran kereta bermotif batik kali ini bertepatan dengan peringatan Hari Kebangkitan Nasional. Sebelumnya, kereta bermotif batik ini telah diluncurkan PT KAI di Daerah Operasi 2 Bandung dan mendapat sertifikat MURI pada 15 Februari 2011 lalu. Acara ini juga dihadiri Menteri Negara BUMN Mustafa Abubakar, Menteri Kebudayaan dan Pariwisata Jero Wacik, dan Menteri Perhubungan Freddy Numberi.

Comments are closed.