Tjahyo Usulkan ABRI Masuk Desa di Papua

Author - August 5, 2011

Tjahyo Usulkan ABRI Masuk Desa di PapuaBerita Terbaru, Sekretaris Jenderal (Sekjen) DPP PDI Perjuangan Tjahjo Kumolo mengusulkan agar program ABRI Masuk Desa (AMD) kembali digalakkan guna menghadapi kelompok separatis Organisasi Papua Merdeka (OPM).

Menurut Tjahjo, kelompok OPM memang harus dibasmi oleh pemerintah. Tetapi, pola pembinaan akan jauh lebih efektif dilakukan.

Anggota komisi I DPR ini juga mengatakan bahwa perlu dipertimbangkan masalah pemekaran wilayah di Papua. Dengan pertimbangan luas wilayah yang menyulitkan pemerataan pembangunan. Misalnya pembentukan provinsi baru, sehingga Papua setidaknya ada 3-4 provinsi sehingga mempercepat koordinasi dan pemerataan pembangunan. Juga instansi lain dibentuk sama misal Kodam, Polda, Kejaksaan, Pengadilan di tiap-tiap provinsi, sehingga aparat keamanan cepat bereaksi bersikap kalau ada gangguan ancaman integrasi.

Oleh karena itu, pemerintah pusat jangan sekedar melempar wacana. Sebab yang dibutuhkan di Papua bukan lagi wacana tentang kesejahteraan yang selama ini masih jauh dari rasa keadilan.

Menurut Tjahjo, pemerintah pusat harus lebih pro aktif dan terbuka, tidak bisa hanya perintah atau instruksi kepada Pemda. Tapi masyarakat atau tokoh masyarakatnya harus dialog, diajak bekerja sama. ÔÇťAspek kesejahteraan dan pemerataan serta percepatan pembangunan infrastruktur khususnya pendidikan yang diharapkan,” paparnya.

Comments are closed.