Tradisi Natal Paling Unik

Author - December 27, 2010

Tradisi Natal Paling Unik – Natal dianggap sebagai hari kelahiran Yesus yang di rayakan seluruh umat kristiani di seluruh dunia.Dalam perayaannya, setiap daerah mempunyai tradisi sendiri, sehingga hari itu menjadi hari yang spesial saat dirayakan.

Berikut beberapa tradisi Natal paling ‘unik’ di seluruh dunia sperti yang dilansir dari vivanews

Boneka ‘Jahat’
Dalam tradisi Catalonia Italia, dua pekan sebelum Natal, setiap rumah akan menempatkan caga tio, karakter jahat dengan wajah menyeringai di meja makan. Boneka kayu ini harus diberi buah, kacang, dan permen. Pada malam Natal, seluruh keluarga akan memukul boneka kayu dengan tongkat sembari menyanyikan lagu tradisional. Tujuannya agar boneka yang merupakan wujud iblis menghentikan kejahatannya.

Festival Iblis
Menurut tradisi Austria, Krampus adalah setan yang akan menghukum anak-anak nakal. Menjelang dan selama Natal, pria yang berpakaian Krampus akan berseliweran di sepanjang jalanan agar anak-anak berbuat baik.

Natal Caracas
Di Caracas, Ibukota Venezuela, para jemaat berdatangan ke gereja menggunakan sepatu roda selama Natal. Sepanjang Natal, jalan-jalan tertutup bagi kendaraan untuk memudahkan orang bersepatu roda.

Hantu Natal
Selama ‘consoda’, atau perayaan Natal di Portugal, keluarga akan menambah sejumlah tempat ekstra bagi anggota keluarga yang telah meninggal saat makan malam. Hal tersebut untuk menjamin keluarga akan mengalami nasib baik selama setahun ke depan.

Serba Merah
Meskipun bukan hari libur nasional dan penganut Kristen hanya satu persen, Natal dirayakan mayoritas orang di Jepang. Di negara ini, kartu Natal berwarna merah harus dihindari karena berhubungan dengan kematian dan berduka. Santa Claus ala Jepang, “Santa Kurohsu” yang memiliki mata untuk mengawasi anak-anak nakal pun berkeliling kota selama Natal.

Natal Penyihir
Warga Norwegia percaya bahwa malam Natal bertepatan dengan kedatangan roh jahat dan penyihir. Karenanya, tiap rumah akan menyembunyikan semua sapu sebelum beranjak tidur. Tradisi lain yang populer adalah kambing Natal atau Julebukk yang berasal dari pemujaan Thor. Diceritakan, Thor mengendarai sebuah kereta yang ditarik sepasang kambing tepat di malam Natal.

Hadiah Permen
Di Jerman, perayaan Natal dimulai pada malam tanggal 5 Desember ketika anak-anak harus meninggalkan boot atau sepatu di luar pintu kamar tidur mereka. Di pagi hari, jika mereka berbuat baik, ranting kecil berisi permen akan ada dalam sepatu mereka. Jika mereka nakal, yang mereka temukan hanya ranting pohon.

Di beberapa komunitas Jerman, seorang gadis pirang akan diurapi sebagai Christkindl, atau “anak Kristus”. Dengan bermahkota lilin, si gadis akan mengunjungi rumah-rumah dan membagikan hadiah.

Serangga Natal
Selama Natal, rumah di Ukraina akan penuh dengan lampu peri, dan pohon Natal dihiasi dengan hiasan sarang laba-laba yang berkilau sebagai lambang keberuntungan.

Menggantung Sepatu
Wanita Ceko melakukan ritual sederhana selama Natal untuk menentukan seberapa sukses kehidupan cinta mereka selama tahun berikutnya. Perempuan yang belum menikah akan berdiri membelakangi pintu dan melempar sepatu boot dari atas bahu mereka. Jika ujung sepatu menunjuk ke arah pintu, mereka akan menikah dalam tahun ini.

Berenang
Kendati sulit membayangkan berenang dalam air beku saat Natal, hal ini menjadi tradisi tahunan di Inggris dan Prancis. Banyak orang terjun ke pantai Brighton, Laut beku di Irlandia serta di Nice, Prancis.

Comments are closed.