Tuntut Pilkada Ulang, Warga Nagan Raya Aceh Barat Ricuh

Author - July 10, 2012

Tuntut Pilkada Ulang, Warga Nagan Raya Aceh Barat Ricuh, Massa pendukung salah satu calon kepala daerah di Nagan Raya, Aceh Barat, terlibat bentrokan dengan aparat kepolisian di Kantor Komite Independen Pemilihan (KIP) setempat. Tiga orang polisi terluka akibat lemparan batu dari arah demonstran.

Kepala Bagian Penerangan Umum (Kabag Penum) Polri, Kombes Agus Rianto, mengatakan bentrokan tersebut terjadi sekitar pukul 22.30 WIB, Senin (9/7/2012) malam. Saat itu, massa yang telah beberapa hari berdiam di Kantor KIP tersebut menuntut KIP menggelar pemungutan suara ulang pemilihan kepala daerah.

Proses Pemilukada sudah selesai dan massa dari salah satu pasangan calon rupaya tidak puas dengan hasil pemungutan (suara) yang telah dilakukan.

Polisi lantas melakukan upaya mediasi antara KIP dan demonstran. Dalam proses negosiasi yang digelar itu KIP bersikukuh tidak akan menggelar pemungutan suara ulang.

Rupanya massa tidak puas dengan hasil mediasi, kemudian berujung pada penindakan hukum yang dilakukan Polri.

Tiga polisi, Bripda Mulya Ansyari, Bripda Novrizal, dan Bripda Rahmat mengalami luka. Bripda Ansyari mengalami luka di kepala dan dua lainnya mengalami memar di perut.

Akibat kerusuhan tersebut, 66 massa diamankan aparat Polres Nagan Raya. 7 orang ditetapkan untuk diperiksa intensif, sementara yang lainnya dipulangkan.

Tujuh orang tersebut, imbuh Agus, diduga kuat ikut menggerakan massa sehingga terjadi bentrok.

Tuntut Pilkada Ulang, Warga Nagan Raya Aceh Barat Ricuh

Comments are closed.