Wanita Bercadar Dilarang ke Perancis

Author - April 12, 2011

Wanita Bercadar Dilarang ke PerancisBerita Terbaru, Hari ini, pemerintah Perancis telah menetapkan larangan memakai cadar bagi warganya di tempat umum. Hal ini menjadikan Perancis sebagai negara pertama di Eropa yang melarang warganya untuk menggunakan penutup wajah khas muslimah. Setiap wanita yang menggunakan cadar di tempat umum akan dikenakan sanksi berupa denda sebesar 150 euro dan akan diminta untuk mengambil pelajara kewarganegaraan bahkan bisa juga menjadi subyek penyelidikan.

Jika polisi menemukan seorang suami memaksa istrinya untuk menutupi wajahnya dengan cadar, ia bisa didenda 25.000 euro dan mungkin hukuman penjara. Menurut aturan hukum yang berlaku di Perancis, setiap wanita – Perancis atau asing – berjalan di jalan atau di sebuah taman di Perancis dan mengenakan cadar menyembunyikan wajah seperti niqab atau burka dapat dihentikan oleh polisi dan diberi denda.

Undang-undang baru ini, memicu kemarahan dari kaum Muslim dan libertarian. Seorang warga Prancis Billal Chegar (25) menilai peraturan tersebut hanyalah tentang politik dan tidak ada hubungannya dengan kita rakyat Prancis normal.

Hal senada juga dikatakan Florien (18). ia berpikir semua orang bebas dan harus diperbolehkan untuk memakai apa yang mereka inginkan. Meski tidak setuju dengan burka dan niqab, namun Florien tidak percaya pada larangan ini.

Comments are closed.