Whitehall Dilalui Pasangan Kate Dan William

Whitehall Dilalui Pasangan Kate Dan WilliamBerita Terbaru, Prosesi pengiringan pengantin dari Gereja Westminster Abbey menuju tempat resepsi di Buckingham Palace. Kedua mempelai akan menggunakan kereta kuda State Landau 1902.

Setelah melalui Parliament Square pasangan yang berbahagia William-Kate belok ke kanan kemudian masuk ke Jalan Whitehall. Inilah jalan luas semacam Boulevard yang lumayan lebar dimana di belokan kanan terlihat jam dinding populer Big Ben dan gedung DPR yang disebut Parliament House.

Menurut Asep Setiawan, Kompasianer yang tinggal di London, Inggris, rombongan kerajaan ini akan melewati Whitehall yang tidak lain adalah pusat eksekutif di Inggris dengan berbagai kementerian.

Menurut Asep tentang London, Peter berbicara Whitehall berarti dua hal yakni Whitehall sebagai konsep dan Whitehall sebagai sebuah tempat.

Konon daerah ini tidak populer di mata kebanyakan orang Inggris karena katanya Whitehall sinonim dengan apapun terkait dengan kontrol terhadap publik. Kontrol itu tidak hanya menyangkut perusahaan tetapi juga cita rasa individu. Whitehall adalah wajah dari pemerintahan Inggris yang dingin, katanya. Habis memang pemerintahan ini mengatur segalanya termasuk pajak yang tinggi. Seseorang yang bekerja disini akan ditarik pajak PPH lebih dari 20 persen tergantung penghasilannya, semakin besar semakin tinggi pajaknya. Kemudian di tempat tinggalnya dikenakan lagi apa yang disebut Council Tax atau pajak daerah kota. Meski besar pajak imbalannya sekolah full gratis sampai College dan layanan kesehatan hampir semua free.

Kalau Anda berjalan dari arah Parliament Square maka di sebelah kiri dan kanan adalah gedung pemerintahan. Tampaknya sebuah bus double decker yang menjadi ciri khas London melintas diikuti oleh black cab juga ciri unik London.

Secara fisik jalan Whitehall ini menghubungkan Charing Cross dengan Houses of Parliament.

Whitehall juga terkait dengan dengan sekelompok jalan-jalan pendek serta gedung-gedung pemerintah di kiri dan kanan jalan. Kalau Anda bertandang ke daerah ini banyak bangunan penting di sekitarnya dan juga jalan-jalan pendek di sela-sela bangunan terutama kalau dari arah Big Ben di bagian kirinya.

Whitehall sendiri sekarang menjadi tempat kantor-kantor penting pemerintahan sejak berdirinya pengadilan era kerajaan Henry VIII di Whitehall Palace tahun 1930-an.

Salah satu gedung pemerintah yang disebut HM Revenue & Custom yang mungki di Indonesia disebut kantor bea dan cukai yang digabung dengan kementerian keuangan bagian pendapatan negara. Gedungnya megah dan terlihat anggun di jalan Whitehall ini. Wisatawan banyak yang menengok gedung yang terletak di kiri dari arah Parliament Square.

Di kawasan inilah kemudian berdiri monumen Cenotaph, Downing Street sekaligus kediaman Perdana Menteri, Horse Guards Parade, Great Scotland Yard dan Banqueting House hasil rancangan Inigo Jones.

Kawasan ini semula didominasi oleh Istana Whitehall yang semula ditempati oleh York Place yang merupakan kediaman Uskup Agung York di London sejak tahun 1245.

Thomas Cardinal Wolsey memperluas bangunannya dan tinggal di sana sampai kejatuhannya ketika Henry VIII mengambil alih dan membangun kembali sebagai kediaman resmi.

Diantara bangunan di sekitar St James’s Palace ini, City of Westminster terlihat lebih megah. Setelah itu bermunculan kediaman-kediaman bangsawan antara Westminster dan City of London dengan kebun menghadap ke Sungai Thames.

Jonse merancang istana baru di Whitehall untuk James I namun hanya Banqueting House yang selesai tahun 1622.

Charles I kemudian dipenggal kepalanya tahun 1649 di luar Banqueting House yang masih bertahan ketika kebakaran merusakkan sebagian besar istana tahun 1698.

Dalam dua abad ke depan sampai tahun 1890, Banqueting House digunakan sebagai kapel. Kemudian menjadi museum Royal United Services Institute for Defence Studies sampai tahun 1962.

Setelah mengalami pemugaran, setahun berikutnya dibuka untuk umum. Downing Street yang aslinya dibangin oleh Sir George Downing sekitar tahun 1680 menjadi kediaman menteri dan perdana menteri yang dibangun lagi setelah Perang Dunia Kedua.

Perdana Menteri tinggal di Downing Street No 10 dan Menteri Keuangan di Downing Street No 11. Soal Downing Street ini akan saya singgung belakangan karena juga terletak di Whitehall ini.

Gedung di Whitehall ini tampak selain megah tetapi juga indah untuk dilihat. Itulah yang juga menjadi daya tarik tempat ini untuk dililalui para wisatawan mancanegara.

Comments are closed.