Wikileaks : Burma Sempat Ingin Beli Manchester United

Author - December 7, 2010

Wikileaks : Burma Sempat Ingin Beli Manchester United – Klub besar Inggris Manchester United sempat akan dibeli Junta Militer Burma (Myanmar ) seharga US $ 1 Miliyar.Hal ini di ungkap lewat memo diplomatik dari Kedutaan Besar AS di Myanmar kepada Departemen Luar Negeri di Washington yang dipublikasikan di laman WikiLeaks.

Memo diplomatik itu menyebutkan informasi dari sumber Kedubes AS di ibukota Myanmar, Yangon, bahwa usulan membeli Manchester United digulirkan oleh cucu pemimpin junta militer, Than Shwe, senilai US$1 miliar. Namun ide itu, bagi Than Shwe terlalu mahal. Sebagai gantinya, Than Shwe ingin membentuk liga sepakbola profesional Myanmar.

Dikutip dari vivanews “Suatu sumber yang cukup dekat melaporkan bahwa cucunya ingin Than Shwe mengajukan penawaran US$1 miliar kepada Manchester United. Jenderal Senior itu merasa pengeluaran biaya sebesar itu tidak baik, sehingga dia memilih mendirikan liga Burma,” demikian penggalan memo itu.

Usulan itu, menurut sumber Kedubes AS di Yangon, dibuat sebelum Januari 2009. Padahal, pada Mei 2008, junta militer dituduh sengaja memblokir pasokan bantuan internasional untuk para korban Topan Nargis, yang menewaskan 140.000 jiwa.

Para kalangan bisnis di Myanmar menduka liga itu sengaja dibentuk untuk mengalihkan perhatian rakyat dari masalah ekonomi dan politik hingga persiapan pemilu 2010.

Comments are closed.