Wilayah Tepat Untuk Investasi Properti

Author - February 18, 2011

Wilayah Tepat Untuk Investasi PropertiBerita Terbaru, Banyak faktor tentunya bagi anda yang akan berinvetasi dalam bentuk properti terutama dalam segi tempatnya yang strategis, dapat menjadikan anda sebuah ladang keuntungan dengan harga tanah yang terus meningkat. Jika dilihat dari indeks harga residensial di 14 kota besar, harga properti residensial atau hunian mengalami peningkatan, terutama untuk rumah tipe kecil yang berada pada level 136,65 pada kuartal IV-2010. Level indeks tersebut lebih tinggi dibandingkan dengan kuartal sebelumnya.

Menurut hasil survey yang dilakukan Bank Indonesia (BI) sebagian besar responden (35,38 persen) mengatakan bahwa tekanan kenaikan harga properti residensial terutama berasal dari kenaikan harga bahan bangunan dan diperkuat tingginya upah pekerja (22,25 persen), serta mahalnya biaya perizinan (17,38 persen).

Sementara itu, berdasarkan wilayah (secara kuartalan/qtq), kenaikan harga properti residensial paling tinggi terjadi di wilayah Manado yaitu sebesar 3,04 persen, terutama pada rumah tipe kecil (5,94 persen). Kondisi yang sama juga terjadi di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Bekasi (Jabodebek), dan Banten.

Indeks harga di Jabodebek dan Banten meningkat lebih tinggi dibandingkan kuartal sebelumnya dengan kenaikan harga tertinggi terjadi pada rumah tipe kecil (0,86 persen).

Survei itu juga menyebutkan, secara tahunan (yoy), harga properti residensial mengalami peningkatan. Indeks harga properti residensial secara tahunan tercatat mengalami peningkatan sebesar 2,91 persen, lebih tinggi dibandingkan kenaikan harga pada periode yang sama tahun sebelumnya (2,31 persen).

Dilihat berdasarkan tipe rumah, kenaikan harga terjadi pada semua tipe rumah, dengan kenaikan tertinggi terjadi pada rumah tipe kecil (3,66 persen). Berdasarkan wilayah, kenaikan harga paling tinggi juga terjadi di wilayah Manado (7,28 persen), terutama pada rumah tipe kecil (16,02 persen).

Kenaikan harga juga terjadi di wilayah Jabodebek dan Banten, karena indeks harga properti residensial secara tahunan tercatat mengalami kenaikan sebesar 2,99 persen, lebih tinggi dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya (2,61 persen). Harga rumah tipe kecil mengalami peningkatan paling tinggi yaitu sebesar 3,78 persen.

Comments are closed.